Senin, 20 Januari 2014


1.Block Diagram Tv Lcd

Blok diagram dari Televisi LCD dapat disederhanakan sesuai panel-panel blok yang ada pada Televisi tersebut, diantara adalah blok panel Tuner, Power Suplay, Mikro Komputer (Main Board) , Mixer, Inverter, dan Panel Kontrol. Input HDMI dan input USB terhubung ke panel Main Board sedangkan input yang lain seperti input AV, Component, RS 232C, RGB input dan Antena input terhubung ke blokTuner. Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut

Bagian Tuner

Tuner, berfungsi menerima sinyal RF dari Antena serta mengolah sinyal RF menjadi sinyal video Pada Blok ini sinyal input dari RGB, component serta RS 232C juga dapat dicampur untuk dapat ditampilkan
 Power Supply

Blok Power Supply berfungsi mensuplay tegangan kerja semua blok yang ada, Tuner, Main Board, Inverter, Mixer, dan Panel Control. Tegangan AC yang masuk lewat panel diubah menjadi tegangan DC dengan pariasi tegangan sesuai kebutuhan blok mulai dari tegangan rendah sampai DC tegangan tinggi yang mengarah ke inverter. Tegangan Mixer dan Tuner didapat dari pembagian dari rangkaian(blok) Main Board. Trobel pada power suplay akan mengakibatkan televise mati total.

Inverter

Inverter adalah blok rangkaian yang berfungsi sebagai penghasil tegangan tinggi yang berguna untuk memberikan tegangan pada lampu neon yang ada pada panel LCD. Tegangan DC 24 volt dinaikkan dan dirubah menjadi AC tegangan tinggi untuk dapat menghidupkan neon. Putusnya tegangan ke Neon akan mengakibatkan layar LCD menjadi gelap dan suara televise tidak hilang, karena proses suara pada blok Tuner saja.

Mixer

Pengolahan gambar dalam proses scanning dilakukan oleh Mixer. Sinyal gambar yang berasal dari main board oleh mixer dilakukan proses scanning dalam dua bagian gambar kiri dan kanan, apabila salah satu kabel soket kita lepas gambar hanya muncul separuh dan separuh lagi raster putih. Kalau kabel output mixer dilepas keduanya, artinya sinyal video tidak ada maka pada layar Nampak raster putih semua.

Blok Main Board

Blok Mainboard terhubung ke blok Tuner, mixer, control panel dan loud speaker. Pada blok Mainboard ini juga sinyal audio juga diolah sampai menjadi audio yang dapat diumpankan ke Loud speaker, dengan artian power amplifier sudah langsung pada blok ini. Keluaran IF video dari tuner di olah menjadi sinyal video yang diumpankan ke blok Mixer untuk proses scanning. Mainboard juga menerima perintah-perintah pengaturan dari control panel dan melalui remote dalam pengaturan gambar, suara dan program input dan sebagainya. Kerusakan Mainboard berakibat pada gambar, suara dan program pengaturan input.

Control Panel

Control panel terdiri dari dua bagian, panel control untuk pengaturan manual dan panel sensor dari Remote. Panel control manual adalah merupakan kumpulan switch push button yang kita tekan saat mengatur Program ( menaikkan chanel satu tingkat atau menurunkan chanel satu tingkat ), mengatur Volume ( Up atau Down ), tombol mengatur menu, OK, serta tombol pemilih Input. Kerusakan panel manual masih bisa diantisipasi dengan menggunakan Remote.

Panel Remote berisi komponen sensor penerima remote yang akan mengumpankan perintah-perintah ke blok Mainboard untuk diproses. Kerusakan pada blok ini mengakibatkan Remote tidak berfungsi.

Perawatan TV LCD

Untuk perawatan TV LCD, berikut ini merupakan beberapa langkah-langkahnya :

  • Gunakan LCD Seperlunya, Jangan menggunakannya apabila anda tidak perlu-perlu amat dan jangan menggunakannya 24 jam nonstop harus ada waktu jedanya karena setiap barang elektronik ada masa hidupnya (Lifetime).

  • Gunakan type power listrik yang memiliki grounding, karena bisa meminimalisir kerusakan bila terjadi adanya sambaran petir. Pilihan ini merupakan opsional.

  • Lakukan pembersihan secara berkala, minimal 2 minggu 1 kali, agar LCD selalu dalam keadaan jernih dari debu dan kotoran lainnya. Ingat! untuk membersihkannya harus menggunakan kain yang sangat halus yang sudah diolesi cairan khusus pembersih LCD. Bila perlu anda bisa membeli peralatan khusus untuk membersihkan LCD.

  • Jangan melakukan kegiatan pembersihan dalam keadaan listrik masih mengalir, cabut semua kabel yang ada pada LCD untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Adanya air yang masuk kedalam rangkaian LCD akan dapat mengakibatkan kerusakan fatal.

  • Jauhkan LCD dari hal-hal yang mengandung air seperti air hujan, air minum dsb. Karena semua barang elektronik akan terjadi korsleting arus listrik apabila air masuk kedalam komponen elektronik.

  • Simpan LCD ditempat yang strategis dan aman dari jangkauan anak kecil, supaya menghindari LCD anda tidak tersenggol atau menjadi mainan anak kecil.

  • Cabut semua kabel yang berhubungan dengan Komputer (termasuk LCD) ketika terjadi hujan yang disertai petir, karena petir bisa menyambar melalui antena TV dan merambat melalui kabel listrik. Untuk melindungi layar/screen LCD bisa menggunakan Screen Protector yang fungsinya menghalangi debu masuk kedalam LCD.



2.Prinsip Kerja

Teknologi LCD sangat berbeda dengan yang ditemukan dalam jenis TV lainnya seperti CRT asli (TV Tabung) dan TV Plasma. Sebuah lapisan kristal cair yang dirangsang oleh arus listrik, menyebabkan piksel individu baik menutup cahaya, atau membiarkannya lewat.
Dengan cara ini setiap pixel dapat berupa terang atau gelap, dan penggunaan filter warna memberikan lampu merah, hijau dan biru yang diperlukan yang dapat digunakan untuk membuat gambar jutaan warna.

Karena sumber cahaya adalah bola di belakang layar, bukan pemancar cahaya fosfor di depan layar, teknologi ini disebut sebagai ‘transmissive’.
Kristal cair adalah teknologi akrab. Kami telah menggunakan mereka pada jam tangan dan layar kalkulator selama beberapa dekade. Teknologi ini awalnya diadaptasi untuk berkualitas tinggi menampilkan di komputer dan sekarang itu adalah umum digunakan untuk hiburan rumah.
Kristal cair menunjukkan beberapa sifat dari kedua padatan dan gas. Ada keseragaman pada struktur, tetapi dapat dipengaruhi oleh arus listrik.
Mari kita lihat struktur LCD sangat dasar. Dua lapisan kaca terpolarisasi menyelimuti lapisan kristal cair. Panel belakang kaca vertikal terpolarisasi, sedangkan panel depan horizontal terpolarisasi. Jika cahaya cukup bersinar melalui dari belakang, tidak akan muncul dari depan.
Alur mikroskopis dipotong menjadi setiap lembar kaca – alur vertikal untuk kaca terpolarisasi vertikal, horisontal untuk alur kaca terpolarisasi horizontal. Kristal cair antara lapisan kaca kemudian sesuai dengan alur ini, menciptakan twist 90 derajat.
Aktifkan sumber cahaya sekarang dan kristal cair akan mengubah cahaya melalui 90 derajat sehingga muncul dari depan.

Jika arus listrik diterapkan pada kristal cair, akan menguraikan, secara efektif menghalangi cahaya. Kekuatan yang berbeda dari hasil saat ini di lebih atau kurang dari cahaya yang diblokir, sehingga nuansa cahaya yang berbeda menjadi mungkin.
Jika prinsip ini dikalikan berkali-kali Anda mendapatkan layar LCD dasar. Awal aplikasi menggunakan layar ‘matriks pasif’, di mana grid konduktor terletak di samping piksel LCD. Hal ini memungkinkan individu piksel untuk dinyalakan dan dimatikan, tetapi juga memperkenalkan kabur pada gambar karena beberapa arus listrik akan menemukan jalan ke piksel tetangga.
Perkembangan ‘active matrix’ LCD, menggunakan transistor film tipis (TFTs) adalah penting dalam membawa display LCD sampai dengan spesifikasi yang diperlukan untuk penggunaan TV.
TFTs yang terbaik dilihat sebagai switching transistor yang sangat kecil dan kapasitor. Transistor bertindak sebagai saklar, memungkinkan aktivasi piksel dengan tidak berpengaruh pada piksel tetangga dalam sebuah layar LCD. Kapasitor dapat menyimpan muatan, mempertahankan tegangan untuk satu scan frame. Dengan setiap pixel memiliki transistor sendiri khusus dan kapasitor adalah mungkin untuk menargetkan piksel individu dengan akurasi lengkap.
Kontrol atas kekuatan diterapkan saat ini juga membawa abu-abu bisa diterapkan ke dalam persamaan. Sebuah arus lemah menyebabkan kristal cair untuk menjadi ramah untuk tingkat yang lebih rendah, menghalangi hanya bagian dari sumber cahaya – dengan cara ini adalah mungkin untuk mencapai 256 warna. Penambahan lapisan filter warna, dan pembagian masing-masing pixel LCD menjadi tiga sub-pixel (merah, hijau dan biru) berarti 256 x 256 x 256 kombinasi yang mungkin, memberikan palet warna akrab 16,7 juta warna.
TFT teknologi juga sangat meningkatkan waktu respon dari individu piksel. Dimana konfigurasi matriks pasif yang hanya cocok untuk menampilkan dasar, menampilkan matriks aktif dapat menangani bergerak cepat video dengan kabur minim, membuat rumah aplikasi bioskop mungkin.




3.Kelebihan Dan Kekurangan TV LCD

Kelebihan:
·         Penggunaan listrik lebih rendah daripada plasma.
·         Layar non-glossy sehingga cocok untuk ruang dengan banyak jendela/cahaya (tidak memantulkan cahaya).
·         Harga yang lebih murah dibandingkan LED TV.
·         Tabung CRT lebih tahan lama, atau tidak mudah rusak.
Kekurangan:
·         Tampilan gelap / hitam tidak dapat segelap pada plasma TV atau LED TV.
·         Brightness (terang/pencahayaan) tidak sama persis pada seluruh permukaan layar.
·         Rasio kontras lebih rendah daripada plasma TV / LED TV.
·         Jauh lebih berat dari TV LCD, sehingga malas jika mau dipindah-pindah.Apalagi TV tabung yang berukuran 32 inch keatas.
·         Layar LCD Lebih cepat rusak, karena pada layar LCD bisa mengalami dead pixel.


4.Troubleshooting TV LCD


·         Gejala : Tidak ada gambar pada layar LCD TV tapi masih memiliki suara .

Solusi : Masalahnya adalah disebabkan oleh inverter rusak. Mengganti ivnerter akan memecahkan masalah hte .

·         Gejala : Layar flash dan off antara 1/2 sampai beberapa detik , tetapi kekuasaan menunjukkan cahaya menyala dan TV masih memiliki suara .

Solusi : Masalahnya adalah disebabkan oleh inverter rusak.

·         Gejala : Blue Screen tapi tidak ada gambar

Solusi : Masalahnya adalah disebabkan oleh cacat Main Board ( Dewan AD ) . Dalam beberapa kasus , masalah ini dapat menyebabkan oleh dewan Pengawas cacat Layar . Thsi papan memuncak pada teh belakang LCD TV Layar .

·         Gejala : Lampu daya tetap menyala tetapi tidak ada tampilan dan suara

Solusi : Masalahnya adalah disebabkan oleh cacat Main Board ( AD Board) atau papan Power supply .

·         Gejala: Tidak Daya atau Power menunjukkan cahaya tidak lits

Solusi : Masalah ini dapat menyebabkan cacat baik oleh dewan Power supply atau cacat Main Board ( Dewan AD ) .

·         Gejala : Layar setengah redup dan setengah terang

Solusi : Masalahnya adalah disebabkan oleh LCD rusak Panel.It perlu mengganti.




1 komentar:

  1. Harrah's Cherokee Casino Resort - Mapyro
    Harrah's 여주 출장샵 Cherokee Casino Resort 양주 출장샵 locations, rates, amenities: 경산 출장마사지 expert Cherokee research, only at Hotel and 대구광역 출장안마 Travel Index. Realtime driving directions to Harrah's 남원 출장샵 Cherokee

    BalasHapus